Rabu, 23 Mei 2018

Begini Cara Mudah Memahami Ilmu Public Speaking



Hallo guys, ternyata public speaking yang baik bisa meningkatkan nilai diri kita dan juga meningkatkan income (pendapatan) lho. Gimana caranya? Izinkan saya berbagi pengalaman beberapa waktu lalu saat mengikuti pelatihan public speaking  22 April 2018 yang diadakan oleh Global Institute di Hotel Amalia, Bandar Lampung. 

Pemateri adalah seorang trainer dan penulis buku “Growth is Fun” yang diterbitkan Gramedia, bu Yeni Ernawati. Saya akan berbagi pengalaman dan pengetahuan selama mengikuti training tersebut. Check it out!

Dalam public speaking kita belajar ilmu berbicara; bagaimana menyampaikan pesan kita ke orang lain sehingga dapat diterima dengan baik (sesuai) dan bagaimana pesan yang kita sampaikan tersebut dapat bermanfaat dan bukan sesuatu yang sia-sia.  

Public Speaking artinya berbicara di depan umum. Bukan berbicara di depan kaca atau berbicara sendiri ya. Ketika kita berbicara, orang lain akan mendengarkan setiap kata yang keluar dari mulut kita. Jika tidak sering berlatih, kata-kata itu bisa saja berantakan tidak tertata sehingga maksud dan tujuan kita berbicara tidak tersampaikan. 

Apa yang membuat kita enggan untuk berbicara di depan umum?

  • Merasa tidak memiliki bakat berbicara
  • Tidak Pede dengan penampilan
  • Takut ditertawakan atau takut salah

Untuk alasan yang terakhir ini mungkin menjadi alasan mayoritas pemirsah hehehe, pembaca ding hihihi. Untuk memahami fenomena ini, Bu Yeni memperlihatkan sebuah video balita yang sedang memakan jeruk lemon. Para peserta yang menonton kompak menghisap air liur, terbayang bagaimana rasa asam yang dirasakan balita tersebut. Bu Yeni kemudian menjelaskan:

 sebenarnya takut ditertawakan dan takut salah saat berbicara di depan umum hanya ada dipikiran kita

Seperti rasa asam lemon yang terasa, padahal kami tidak memakannya pada saat melihat video tersebut. Rasa takut hanya ada dipikiran kita, sebenarnya orang lain baik-baik saja atau tidak ada masalah dengan apa yang kita bicarakan, jadi hilangkanlah rasa takut itu ya kawan

Apa yang membuat pembicaraan seseorang tidak dapat dipahami?

  • Berbicara tidak sistematis
  • Bicara terlalu cepat
  • Tidak ada intonasi dan irama (datar)

Ada rumus 3V yang harus dilakukan agar pembicaraan kita mudah dipahami yaitu vokal, verbal, dan visual.
Vokal : berhubuangan dengan volume suara, artikulasi, intonasi, irama, dan nada suara
Verbal : Pemilihan kata yang tepat
Visual : Gerakan tubuh, gesture, gruming, ekspresi dan cara berdiri

Semua hal tersebut butuh persiapan. Persiapan sebelum berbicara di depan umum sangat penting agar pembicaraan kita efektif. Beberapa hal yang harus dipersiapkan:

Catatan kecil untuk pidato/berbicara, gaya berbicara dan penampilan

Berlatihlah terus di depan kaca agar kita dapat menemukan gesture dan gaya berbicara yang baik (enak dipandang dan menyenangkan).
 
Ketika kita akan berbicara pastikan untuk melakukan 3 hal ini 
Tatap, Senyum, Mulai Bicara
Agar pendengar merespon dan memperhatikan.

Lalu bagaiamana caranya agar public speaking dapat meningkatkan income? Baca di tulisan selanjutnya ya...

 
Setelah materi selesai masing-masing peserta diminta untuk mencoba berbicara di depan kelas dan bu Yeni bersiap memberikan komentar.

Tidak sedikit dari kami yang grogi bahkan saya yang terbiasa berbicara di depan kelas pun ikut grogi. Alasan saya grogi karena saya takut dinilai dan dikomentari, hehehe...

Di akhir acara kami diminta untuk menuliskan dua harapan setelah kami belajar public speakingyang kemudian harapan itu kami tempelkan di pohon harapan. Rata-rata peserta berharap public speaking dapat menjadi jalan untuk meraih cita-cita ke depan.

Itu tadi sedikit materi yang disampaikan Bu Yeni di training public speaking. Masih banyak materi yang lain, jika berminat bisa langsung chat beliau melalui fb Yeni Ernawati.
Semoga Bermanfaat

4 komentar:

  1. Bermanfaat juga nih mba ilmunya. Iyasih ya, public speaking itu sulit, dan ilmu ilmu begini harus sering di share nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener setelah dapat ilmunya langsung prakteknya

      Hapus
  2. Benar banget bicra di depan itu kadang gak pede, tapi jam terbang biasanya bikin orang lebih banyak pengalaman.

    BalasHapus
  3. wah, public speaking wajib untuk dipelajari sebagai seorang blogger , karena siapa tahu dapat mandat untuk melakukan presentasi project atau saat ngasih materi. dan ini jadi kelamahan saya pribadi hehee.. kadang masih grogi dan demam panggung

    BalasHapus

OPPO F5, Camera Selfie For Travelers (OPPO Selfie Tour with F5)

OPPO F5 Camera Selfie For Travelers Hallo sobat! Cerita tetang HP emang gak ada habisnya. Selalu saja ada teknologi baru yang di...