Minggu, 15 April 2018

Jilbab dan Peringatan Hari Kartini di Mall Boemi Kedaton




foto: Fitri Juliana Sanjaya
Setiap tahun berbagai elemen masyarakat Indonesia memperingati hari kelahiran Raden Ajeng Kartini (R.A. Kartini) yang jatuh pada tanggal 21 April. Sosok pejuang emansipasi wanita ini mejadi tokoh dan simbol perjuangan. 

Saat SMP, sekolah saya dulu sering memperingati hari Kartini dengan mengadakan parade busana nusantara. Sosok Kartini tidak hanya digambarkan sebagai wanita jawa bersanggul, tetapi wanita di seluruh penjuru nusantara dengan kekhasan gaun dan busananya. 

Saat SMA, pemaknaan hari kartini semakin luas. Dimana sosok Kartini tidak hanya digambarkan sebagai wanita dengan khas budayanya, tetapi wanita dan perannya dalam dunia kerja. Para siswa SMA diminta menggunakan busana profesi dan memaknai peran profesi yang dipilihnya. Sosok Kartini adalah wanita yang memiliki persamaan hak dengan pria di bidang pekerjaan. Kartini boleh melakukan pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan pria, Kartini juga mendapatkan hak yang sama dengan pria dalam bidang tersebut. 

Pemaknaan hari Kartini semakin mengalami perkembangan. Saat ini banyak acara-acara kreatif ditujukan untuk memperingati hari Kartini. Salah satunya terlihat dalam Fashion and Food yang diadakan di Mall Boemi Kedaton, Bandar Lampung.  Acara tersebut merupakan bazar baju dan makanan, dan juga tidak ketinggalan parade busana yang semakin memeriahkan acara.

Berbagai model busana dan kuliner dijajakan di acara tersebut. Parade busana rancangan designer Lampung ini menjadi satu hal yang cukup melegakan. Pasalnya, busana yang ditampilkan tidak hanya busana-busana terbuka, tetapi juga ada busana syar’i khas muslimah. Sebagai muslimah saya cukup senang karena keberadaan saya terasa terwakili. 

foto: Fitri Juliana Sanjaya
 Perkembangan model busana muslimah memang terbilang cukup cepat. Hal ini menandakan semakin banyaknya permintaan fashion dari kalangan wanita muslim tersebut. Acara tersebut memperlihatkan bahwa, sosok Kartini tidak lagi dimaknai sebatas wanita dan konde tetapi wanita dan fashion kekinian, salah satunya jilbab syar'i.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OPPO F5, Camera Selfie For Travelers (OPPO Selfie Tour with F5)

OPPO F5 Camera Selfie For Travelers Hallo sobat! Cerita tetang HP emang gak ada habisnya. Selalu saja ada teknologi baru yang di...