Senin, 22 Januari 2018

Photography dan Review Produk Endes



Di artikel sebelumnya saya sudah cerita alasan-alasan menulis blog. Nah, kali ini saya ingin cerita bagaimana mereview produk dan mempercantik blog agar menarik.

Tanggal 21 Januari 2018, Tapis Blogger mengadakan Gathering dengan tema Menulis Review Produk dan Photography. Pemberi materi pada acara tersebut adalah dua senior Tapis Blogger. Mb Naqyahsyam untuk materi Review Produk dan mas Tri untuk photography, beberapa photo-photo doi bisa dilihat di IG-nya @triyuliawan_. Saya akan sharing beberapa materi yang diberikan oleh kedua pemateri tersebut. Check it out!

Salah satu pekerjaan blogger adalah mereview produk. Sehingga diharapkan blogger tidak lagi kaku dalam menulis review sebuah produk. Review produk merupakan cara blogger memperkenalkan sebuah produk kepada pembaca. Ada dua cara dalam mereview produk yakni hard selling dan soft selling. Review produk dengan cara hard selling seperti halnya cara seller menjual produknya. Dalam hard selling, blogger benar-benar menulis review semua hal yang berkaitan dengan produk tersebut. Beberapa hal yang biasanya ditulis seperti spesifikasi, kekurangan dan kelemahan serta harga. Banyak blogger yang mereview produk dengan cara hard selling khususnya blog-blog gadget. Ada tabloidpulsa.co.id, oketekno.com, yangcanggih.com, dll. 

Sedangkan untuk cara soft selling biasanya digunakan oleh personal blogger. Soft selling ini yang memungkinakan digunakan oleh para blogger seperti kami. Lalu, bagaimana mereview produk menggunakan cara soft selling?


Review Berdasarkan Pengalaman
Blogger mereview produk berdasarkan pengalamannya menggunakan produk tersebut.Oleh karena itu, wajib bagi blogger untuk mencoba terlebih dulu produk yang akan direview.
Ada beberapa blogger yang diminta mereview sebuah produk, namun, setelah menggunakan produk tersebut ternyata tidak cocok. Apakah blogger boleh menolak mereview produk?
Tentu. Blogger boleh menolak mereview produk tertentu karena ketidakcocokan. Nah, di sini blogger harus jujur bercerita tentang pengalaman yang dirasakan selama menggunakan produk tersebut. 


Review Jujur
Tetapi, jangan karena tidak cocok, review yang jujur justru menjatuhkan produk tersebut. Dalam mereview produk tetap ada kode etiknya. Anda harus benar-benar mencari tahu kenapa produk tersebut tidak cocok untuk anda. Misalnya kalau produk kecantikan, mungkin produk tidak cocok di wajah anda karena jenis kulit tidak sesuai dengan kandungan produk kecantikan tersebut, yang seharusnya untuk kulit kering tapi digunakan pada kulit berminyak, pasti bakalan oily banget. Hihihi.. Namun, jika setelah anda cari tahu dan memang produknya tidak sesuai atau bahkan ketika anda minta orang lain memakainnya pun ternyata memang tidak cocok, boleh kog produk tersebut dikembalikan.
Tidak Boleh Membandingkan
Kode etik kedua, tidak boleh mereview produk dengan cara membandingkannya dengan produk lain. Tapi sepertinya ini tidak berlaku untuk gadget. Lho??  Nyatanya banyak blogger menulis duel kamera HP, duel spesifikasi HP, duel prosesor, dan lain sebagainnya. Kalau untuk produk makanan, kecantikan, obat, dll dimana banyak kondisi yang dapat mempengaruhi penggunaan sehingga hasil yang dirasakan pada setiap orang berbeda. Anda tidak boleh membandingkan produk tersebut secara gamblang dan terkesan menjatuhkan salah satu produk. 

That’s all about review produk. Kalau ada yang tertinggal saya akan cerita di episode selanjutnya ya. Berasa main film.

Sekarang kita bahas photography. Hm, jujur agak sulit untuk mereview kegiatan kemarin karena teknis banget, tapi saya akan mencoba sekuat dan semampuku s****g.
Okeh, demi pembaca saya akan mencoba.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam pengambilan gambar. 

1.       Pencahayaan
Pengambilan gambar dalam ruangan yang minim cahaya tentu akan sulit. Anda harus cari sumber cahaya, misal lampu atau kalau tidak ada center bisa juga flash pada HP. Coba anda prediksi, ketika pengambilan gambar objek terlihat gelap di kamera, padahal nyatanya anda dapat melihatnya secara langsung objek dengan jelas. Mungkin itu terjadi karena objek membelakangi cahaya atau back light. Sebaiknya anda berpindah tempat untuk mengambil gambar tersebut. Posisi andalah yang harus membelakangi cahaya.
Jika, objek masih terlihat gelap, anda harus mengambil gambar dengan mengangkat tangan anda  sehingga posisi kamera bisa sedikit menukik, dengan begitu cahaya akan terkumpul pada objek. 

2.       Letak Objek
Letak objek tidak harus ditengah, objek bisa diletakkan dipinggir, namun, tetap dengan komposisi yang pas. Anda bisa menggunakan garis bantu pada pengaturan kamera ‘guidelines’. Untuk kamera Vivo anda bisa mengubahnya ke mode ‘profesional’.

objek berada dipinggir
3.       Fokus
Usahakan objek yang akan kita foto terlihat fokus. Jika hanya pada objek tertentu yang akan diabadikan, gunakan auto focus dimana objek akan terlihat jelas sedangkan disekitarnya terlihat buram. 

fokus pada detail tenun

Seringlah melihat hasil foto photographer, anda akan tahu style gambar agar terlihat cantik dan menarik.

Itu tadi semua review materi di Tapis Blogger Gathering 2, mungkin ada yang kurang, lain kali akan saya tambahkan. Semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OPPO F5, Camera Selfie For Travelers (OPPO Selfie Tour with F5)

OPPO F5 Camera Selfie For Travelers Hallo sobat! Cerita tetang HP emang gak ada habisnya. Selalu saja ada teknologi baru yang di...