Minggu, 17 Desember 2017

Kenapa Nulis di Blog?





Keputusan saya untuk bergabung dengan organisasi kepenulisan sudah bulat. Paling tidak saya harus menjaga komitmen agar tujuan untuk membuat karya dapat terwujud. Jika teman-teman mau belajar menulis ataupun yang sudah lihai dalam dunia tulis menulis, ada baiknya teman-teman bergabung dalam komunitas atau organisasi kepenulisan. Agar teman-teman senantiasa istiqamah, karena keberadaan orang-orang  yang memiliki kesamaan nasib, ide dan tujuan di sekitar kita dapat menjadi indpirasi dan motivasi sehingga menjadi mood booster bagi diri kita pribadi.

Saya yang ingin sekali bisa menulis dan menghasilkan karya memilih FLP (Forum Lingkar Pena) sebagai wadah curhatan, kebimbangan, dan mencari inspirasi atau sekedar cari pegangan agar tidak goyang. Alasan kenapa saya memilih FLP dapat  dibaca di 4 Alasan Gabung FLP.

Nah, karena saya sudah berkomitmen, maka saya harus memaksa diri untuk bergerak serta menghindari rasa malas dan kesenangan sesaat. O iya, selain bisa jadi mood booster, FLP juga menyediakan banyak informasi yang sangat bermanfaat. Informasi tersebut diharapkan dapat mengupgrade kemampuan menulis anggotanya. Dari FLP saya mengetahui ada latihan kepenulisan blog dengan tema "Menjadikan Ngeblog Sebagai Hobi, Profesi dan Ruang Berbagi" yang diadakan Tapis Blogger. Acara diadakan pada hari Ahad, 17 Desember 2017 di Secreat Garden, Jl. ZA Pagar Alam, Gedong Meneng, Rajabasa. Acara diisi oleh Naqqiyah Syam (Penulis, blogger SMART MOM), Heni Puspita (Tapis Blogger), dan Agustinus Leantoro (blogger senior).

Kenapa nulis di blog?

Menulis di blog memberikan kita banyak kemudahan pertama 
artikel atau tulisan kita bisa publish secara gratis
Bagi penulis pemula, menerbitkan buku tentu bukan hal yang mudah selain harus cari tahu siapa penerbit yang mau diajak bekerjasama, penulis juga harus membayar sejumlah uang agar buku tersebut dapat diterbitkan. Di blog, kita hanya perlu memosting tulisan kita dan masyarakat di seluruh dunia dapat membacanya, hehe. Mudah bukan? Kedua, dari blog yang tidak berbayar alias  gratis, 
kita bisa mendapatkan uang
Uang bisa didapat dari iklan ataupun tender yang ingin mengajak kerjasama. Syaratnya kita harus aktif menulis dan otak-atik blog, jangan biarkan blog kita berantakan, kusam dan tidak terawat. Semakin banyak pengunjung semakin banyak juga kesempatan mendapatkan tender. Tapi tema tulisan kita juga harus relevan dengan pemberi tender yang ingin mengajak kerjasama, misalnya tema tentang gaget ataupun kuliner yang saat ini sedang hitz.  Ketiga
menjadi manusia bermanfaat di jaman digital
Jaman yang serba online harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Berbagi dan bermanfaat bagi orang lain tidak lagi sebatas hand to hand atau real tetapi juga dapat dilakukan secara online dalam dunia maya. Ngeblog ini salah satunya. Siapa tahu, tulisanmu bisa jadi sumber inspirasi dan motivasi bagi pembaca kan. Tetapi kalau belum, paling tidak  sudah ada niat yang baik dari dalam diri, semoga Allah swt mencatatnya sebagai amal kebaikan.

Ada beberapa modal yang dibutuhkan untuk menjadi penulis blog atau blogger.

1.       Jangan pernah lelah menulis
Membuat blog sangatlah mudah, masuk ke website www.blogger.com teman-teman sudah bisa membuat blog. Tinggal disesuaikan tema dan tata letaknya. Tetapi, konsisten menulis itu gak mudah. Ada baiknya tulisan dalam blog disesuaikan dengan passion teman-teman. Kalau teman-teman suka belajar, bisa menuliskan materi pelajaran dalam blog, atau kalau teman-teman memiliki hobi kuliner, traveling, musik, tari, design, lukisan, bisa menuliskan dan mempostingnya di dalam blog. Cari tahu informasi apa yang dibutuhkan masyarakat terkait hobi yang teman-teman geluti. Mudah-mudahan banyak yang tertarik untuk membaca blog teman-teman semua. 

2.       Aktif dalam komunitas blogger
Seperti yang sudah saya sampaikan di awal. Komunitas atau organisasi kepenulisan dapat menjaga dan membangkitkan mood karena ada proses berbagi. Dari mereka untuk kita, dan mungkin saja sebaliknya. Jika ada kendala atau masalah kita bisa bertanya apa solusinya, dan kita juga tidak boleh pelit ilmu, jika ada yang bertanya kita juga bisa memberikan solusi, siapa tahu bisa menginspirasi, yeyy.. 

3.       Aktif dalam event blogger
Banyak acara baik yang diadakan oleh blogger maupun dari pihak lain dimana blogger jadi tamu undangannya. Acara yang diadakan blogger sendiri seperti yang saya ikuti, Tapis Blogger Gathering. Namun, tidak jarang pihak ketiga mengundang para blogger untuk jadi peliput dalam acaranya. Jika terkadang kita bingung mau nulis apa di blog, acara tersebut tentu bisa menjadi konten tulisan dalam blog kita. Kita juga bisa sharing dengan teman-teman blog yang lain. Sebenarnya, event apapun bisa kita ikuti karena semua event dapat menjadi tulisan sehingga blog kita semakin aktif. Sudah menjadi kewajiban, para blogger haruslah orang-orang yang aktif dan dinamis. Jika ingin jadi penulis blog segera sibukkan dirimu dari sekarang.

Sebenarnya saya ingin menulis materi yang saya dapatkan di acara Tapis Blogger Gathering. Tapi sayang, catatan saya tertinggal di meja acara. Saya tidak tahu kenapa saya meninggalkan catatan itu begitu saja. Mungkin saya lupa. Hiks. 

Itu tadi sedikit cerita kenapa saya ingin menulis di blog. Semoga bermanfaat. Terimakasih sudah membaca... sampai jumpa.Bye bye...

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Mb lilih ditunggu kedatangan di acara selanjutnya

      Hapus
  2. Menulis membantuku untuk mengingat kejadian2 yg sudah berlalu. Aku soale pelupa hehe

    BalasHapus

OPPO F5, Camera Selfie For Travelers (OPPO Selfie Tour with F5)

OPPO F5 Camera Selfie For Travelers Hallo sobat! Cerita tetang HP emang gak ada habisnya. Selalu saja ada teknologi baru yang di...