Jumat, 27 Juli 2018

5 Tips Sederhana Hilangkan Penat Ala Dosen Muda



Hallo sobat muda...

Sobat muda pernah  gak ngerasain lembur dan pulang malem hampir setiap hari? Kalau aku pernah nih, saking sibuknya ngurus akreditasi jurusan pulangnya malem terus. Udah gitu pas sampai kosan masih ada aja yang dikerjain.  Wkwkwkwk.

Setelah hectic dengan akreditasi jurusan, mengisi borang, menyiapkan dokumen, dan prepare ini itu.. saat selesai rasanya itu BAHAGIA dan LEGA... berasa seperti melepas beban berton-ton, hehehe.. dan barulah badan ini merasakan pegal, letih dan lelah. Hiks

Sobat muda yang sering memiliki masalah dikerjaan, sering capek, bosan, penat, mungkin susah berkosentrasi, sering gagal fokus, aku ada saran nih untuk terapi fikiran dan badan agar tidak ‘ngambek’ karena rutinitas kita yang padat. Bisa dicoba dan dipraktekkan:


  • Biasakan Bangun Pagi
Banyak penelitian mengatakan jika udara pagi sangat baik untuk kesehatan. Biasakan bangun lebih awal agar badan kita memiliki banyak waktu untuk merasakan udara pagi. Jangan lupa untuk melakukan peregangan sebelum memulai aktivitas. Oh ya, penting diingat untuk tidak tergesa-gesa, mengatur waktu, bisa dengan bangun lebih awal sebelum berangkat bekerja atau menyiapkan semua kebutuhan di malam hari, membuat kita tidak tergesa-gesa dan memiliki banyak waktu untuk menikmati suasana pagi. Tujuannya agar fikiran kita menjadi tenang dan tubuh kita pun memiliki banyak waktu untuk rileks, memasukkan udara bersih ke paru-paru dan melancarkan peredaran darah.

  • Segar dan Energik
Sering merasa lelah saat bekerja? Sobat muda dapat mencegahnya dengan mengelola hubungan dengan rekan kerja. Ada pepatah mengatakan “hargailah dirimu,sebelum meminta orang lain menghargaimu”. Kalau kita ingin dihargai orang lain, ingin teman kantor lebih care, lebih nyaman ngobrol, sebaiknya kita melakukan hal tersebut pada diri sendiri terlebih dulu. Peduli dengan tubuh, memperhatikan asupan makanan, sarapan sebelum bekerja, berpenampilan segar, dan jangan malas-malasan (energik). Beberapa hal tersebut akan membuat kita lebih dihargai, sobat.
saat upacara bulanan
  • Refreshing
Refreshing artinya menyegarkan. Menyegarkan fikiran dan badan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Seperti pulang kampung (ini yang sering aku lakuin, di kampung bisa mendapatkan suasana tenang karena berada di rumah dan suasana hangat karena berkumpul dengan keluarga), berwisata (berwisata bisa dengan mengunjungi tempat baru yang menyegarkan, wisata kuliner atau dengan wisata religi contohnya mengkaji agama), bisa juga dengan berkumpul bersama sahabat (kita bisa curhat dan sharing agar suasana hati lebih tenang dan berasa plong).
ngumpul bareng di Lampung Walk

  • Coba Hal Baru
Nah, ini penting banget agar kamu tidak mudah bosan dengan rutinitasmu sobat. Mencoba hal baru menjadi salah satu cara menghilangkan kehidupan monoton yang cenderung membosankan. Cobalah aktivitas baru yang belum pernah teman-teman lakukan, misal memanah, berkuda, memasak, membuat kue, dan hal-hal baru lainnya yang bermanfaat dan belum pernah dicoba atau jarang dilakukan. Selain itu, sobat muda jangan lupa untuk sering-sering mengganti  jadwal rutinitas sehari-hari. Perubahan jadwal ini bisa dilakukan seminggu sekali, satu bulan, atau beberapa bulan.Tergantung dengan  tingkat kebosanan, hihihi.
Begini, misalnya, aku termasuk orang yang tidak sering bosan. Biasannya kurubah jadwal rutinitasku setiap bulan. Jika di pagi hari setelah ngaji aku terbiasa mencuci baju, setelah kurubah jadwalku, selesai ngaji tidak lagi mencuci baju,tetapi  kuganti dengan memasak terlebih dahulu, kemudian olahraga, dan selanjutnya  baru mencuci baju. Atau contoh lain, sebagian dari kita ada yang tidak suka naik gunung, naik gunung itu ribet dan melelahkan. Nah, agar rutinitas tidak membosankan coba menantang diri sendiri. Hasilnya, pasti tidak buruk, justru menyenangkan.
  • SPA
Melakukan treatmen pada tubuh penting agar tubuh nggak ‘ngambek’. Kalau udah ngambek susah nih ditanganinnya. Bisa masuk rumah sakit. Hiiiiii... Tempat Salon and Spa biasa menawarkan treatment untuk wajah, rambut, dan tubuh. Ada massage (pijat), totok wajah, spa rambut, creambath, lulur, atau facial. Beberapa treatment tersebut bisa dicoba agar tubuh kembali segar dan senang.

Ada Salon dan Spa yang aku rekomendasikan buat sobat muda yang ada di wilayah Bandarlampung. Baca Di Sini.

Itu tadi 5 tips yang mungkin bisa sobat muda coba praktekkan, agar tidak mudah  lelah dan penat setelah seharian kerja. Semoga tips tersebut bermanfaat. Jika teman-teman ada saran lain silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Bye.. Bye..

OPPO F5, Camera Selfie For Travelers (OPPO Selfie Tour with F5)

OPPO F5 Camera Selfie For Travelers Hallo sobat! Cerita tetang HP emang gak ada habisnya. Selalu saja ada teknologi baru yang di...